Sekeping Ingatan tentang Danang Prasetyo si Kaos Terbalik

Sunday, June 23, 2013

Sekeping Ingatan tentang Danang Prasetyo si Kaos Terbalik




Oleh Moch. Asrori

Saya ingat seorang sahabat, Danang Prasetyo, memiliki kebiasaan mengenakan kaos yang terbalik. Bukan secara tidak sengaja sehingga orang Jawa bilang, "Akan dapat rezeki". Bukan. Danang memang sengaja membaliknya. Kebiasaan ini dilakukan bukan hanya ketika beraktivitas di tempat kos, melainkan juga saat beraktivitas keluar, semisal saat jalan-jalan pagi mengitari perumahan, atau dolan dengan Honda Grand merahnya.

Kenapa dia punya kebiasaan aneh begitu?

Sayangnya, pertanyaan ini tidak pernah saya lontarkan kepadanya saat kami masih seatap dulu. Tapi seiring berjalannya waktu persahabatan kami yang panjang, saya jadi tahu persis sebab dia membalik kaosnya.

Semua itu karena gambar pada kaos yang dipakainya. Gambar yang saya maksud bukan gambar norak sehingga dia tidak menyukainya. Toh saya lihat gambar pada kaos-kaosnya juga biasa saja. Gambar yang saya maksud adalah gambar makhluk bernyawa. Jadi, sahabat saya satu ini membalik kaosnya untuk menutupi gambar manusia atau hewan yang terpajang di bagian dada atau punggung.

“Siapa saja yang menggambar suatu gambar di dunia maka pada hari kiamat dia akan dibebankan untuk meniupkan roh ke dalamnya padahal dia tidak akan sanggup meniupkannya.” (HR. Al-Bukhari no. 5963 dan Muslim no. 5541)

“Jibril alaihissalam meminta izin kepada Nabi, maka Nabi bersabda, 'Masuklah.' Lalu Jibril menjawab, 'Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar.' Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepalanya atau kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.'" (HR. An-Nasai no. 5270)
Nah, rupanya karena itu. Rata-rata kaos Danang memang bergambar. Dan anak kos seperti dia tak mungkin "berani" membuang semua kaosnya. Maka diambillah solusi murah. Begitulah Danang seringkali mengenakan kaos terbalik.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.