Mencetak Kidpreneurs

Sunday, September 8, 2013

Mencetak Kidpreneurs


- oleh Lies Nanci

Kalau saja Indonesia memiliki bank seperti Umpqua, mungkin tidak ada lagi pengemis cilik di perempatan lampu merah. Lewat Umpqua, anak-anak juga bisa mendapat pinjaman modal untuk berbisnis seperti layaknya orang dewasa. Bisnis yang dimaksud adalah menjual lemon. Siapa tahu anak atau keponakan Anda bisa menjadi the next lemonaire!

Syaratnya cukup mudah. Anak tersebut harus berusia di bawah 13 tahun. Setelah mengisi formulir aplikasi, anak-anak bisa mendapat starter kit Lemonade gratisan. Peralatan seperti gelas, serbet, sticker, taplak meja, panduan bisnis kecil-kecilan (How to Become a Lemonaire), serta modal 10 dolar bisa langsung dibawa pulang. Kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mengisi liburan bukan?

Program ini merupakan kampanye promosi yang dicetuskan sebuah bank di kota Oregon, Umpqua. Sebelumnya, program fasilitasi bisnis kecil ini lebih dulu dipopulerkan oleh bank di Belanda, Postbank's Bizznizz. Melalui program ini para pengusaha cilik bisa menelpon klien (prospektif) secara cuma-cuma, selain berbagi tips dan trik bisnis melalui situs online Bizznizz Club.

Berbeda dengan Postbank's Bizznizz, Umpqua’s Lemonaire hanya bersifat sementara. Sehingga segi marketing menjadi aspek kunci di sini. Seperti yang dikutip oleh New York Times, juru bicara Umpqua menjelaskan, “Kami selalu melakukan pendekatan yang berbeda pada para klien, stand penjual lemon adalah metafora yang tepat untuk menggambarkan usaha kecil.”

Sudah saatnya bagi bank-bank lain untuk mengikuti jejak Umpqua dan Postbank. Menawarkan modal bagi para pengusaha cilik adalah cara yang brilian untuk mengajarkan bisnis serta kebiasaan menabung. Selama anak-anak itu tidak dipaksa untuk bekerja, itu adalah cara hebat untuk mengajarkan mereka tentang marketing.

Sekilas mengenai Umpqua

Any company can have a slogan.
In fact most do.
But, are they true to these words?


“Selamat datang di bank terbesar dunia.”

Kata-kata di atas bukan hanya sebuah ekspresi, bukan slogan biasa. Itu merupakan komiten Umpqua pada kostumer serta masyarakat, juga pada perusahaan mereka sendiri.

Ketika Anda mengunjungi Umpqua secara langsung maupun lewat situsnya, bank tersebut menawarkan ‘rasa’ yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Umpqua merupakan tempat di mana Anda bisa mendapat akses serta servis sebuah bank raksasa, sekaligus menikmati kenyamanan berbelanja di toko dekat rumah Anda.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.