Linux Surabaya Itu Bernama KLAS

Sunday, January 5, 2014

Linux Surabaya Itu Bernama KLAS


Komunitas Linux Surabaya
Komunitas Linux Surabaya

- Oleh Ihsan Maulana

Linux, operating system (OS) gratis dan berstandar terbuka (open source) sebenarnya sudah mempunyai penggemar di Surabaya sebelum tahun 1996. Tapi baru tahun 1997, berdiri komunitas pengguna Linux Surabaya. KLAS salah satunya. Kelompok Linux Arek Suroboyo, nama panjangnya.


Komunitas IT ini bertujuan untuk berbagi info sesama anggota tentang perkembangan Linux. Seperti yang diutarakan Arie Setyo Wibowo, Kepala Divisi Informasi dan Edukasi KLAS, “Hampir setiap hari keluar varian baru Linux.” Jadi, tentu perlu menjalin komunikasi agar bisa tetap up to date di bidang ini.

Sistem open source merupakan pengembangan yang tidak dikoordinasikan terpusat dari perseorangan ataupun lembaga tertentu. Ini poin menarik tersendiri bagi pengguna Linux, termasuk KLAS. Mereka bisa berkreasi mengembangkan Linux versi mereka tanpa harus terikat oleh aturan siapa pun.

Apa saja kegiatan KLAS?

Kelompok Linux Surabaya ini kerap mengikuti ajang Expo IT yang diadakan berbagai vendor, termasuk juga kejuaraan-kejuaraan di dalamnya. Mereka pernah menyabet juara II dalam Panhac02 Competition. Selain itu, KLAS juga aktif memberikan pelatihan dan sosialisasi penggunaan Linux sebagai OS ke masyarakat umum, terutama untuk kalangan dunia pendidikan dan instansi-instansi pemerintahan.

Event yang paling gres akan diselenggarakan 18 Januari mendatang. Acara bertajuk Cangkruan Kelompok Linux Arek Suroboyo itu akan membahas di balik layar Game D’Jamal (Detektif Jamal), salah satu produk dari Mechanimotion Studio, kreator Garuda Riders.

Walau sempat vakum beberapa tahun akibat kesibukan para pendirinya, namun tahun 2002 mereka giat kembali. Momentumnya adalah berlakunya UU HaKI pada tahun 2002. Saat itu, Microsoft Indonesia dan pihak kepolisian gencar mengadakan operasi software bajakan ke kantor-kantor.

Beberapa perusahaan telah kena batunya. Bukan rahasia lagi, banyak sekali kantor di Indonesia yang menggunakan software bajakan. Termasuk OS Windows milik Microsoft.

Momen ini yang coba dimanfaatkan Linux Surabaya. Mereka seolah berteriak, “Hei, daripada membajak OS mahal itu, ini lho ada OS gratisan yang tak kalah keren! Linux, Men!”

KLAS pun kembali aktif sebagai komunitas yang mewadahi para pengguna Linux di Surabaya. Mereka terus mengutak-atik Linux dan mengembangkannya. Saling memamerkannya di komunitas. Saling belajar dari sesama penggemar Linux. Hingga hari ini.

Komunitas yang beralamatkan di High Tech Mall, Jl. Kusuma Bangsa, lantai I, Ruang Workshop ini telah beranggotakan lebih dari 500 yang ada di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Jika Anda penggila Linux, jika Anda berdomisili di Surabaya atau sekitarnya, Anda wajib bergabung dengan komunitas keren ini!

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.