Uitemate, Seni Survival di Laut yang Hemat Energi

Monday, February 2, 2015

Uitemate, Seni Survival di Laut yang Hemat Energi


Tutorial cara mengambang sambil menunggu bantuan di laut dengan teknik uitemate
- Oleh Alva Altera

Tak seorang pun ingin terkatung-katung di laut lepas. Tapi ketika itu terjadi, apa yang Anda lakukan? Berenang mencari pantai tentu spekulatif dan melelahkan. Lebih bijak bila Anda mencari benda mengambang yang cukup kuat untuk dinaiki. Bila tidak ada, Anda harus mengusahakan tubuh Anda mengapung. Capek sekali pastinya. Namun, pernahkah Anda mendengar uitemate?

Teknik mengambang ini sederhana, tapi efektif dan hemat energi. Cara ini sudah terbukti menyelamatkan ratusan nyawa saat terjadi tsunami di Jepang. Uitemate artinya “mengapung dan menunggu”. Pencetusnya Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka, Jepang.

Seringnya, seseorang yang terjebak dalam air akan berusaha berdiri tegak dengan hanya kepala yang berada di atas permukaan. Tangan dan kakinya bergoyang-goyang agar bisa terus mengambang. Bayangkan betapa banyaknya tenaga yang terkuras di sini. Bisa jadi, setelah beberapa menit, orang itu akan tenggelam karena lemas.

Lantas, bagaimana seharusnya solusinya? “Jangan memaksakan diri untuk berenang. Mengambang sajalah seperti daun di atas air,” saran Yuji Tamura, associate professor di Universitas Tokyo. Inilah teknik uitemate itu! Lebih detailnya, begini langkah-langkahnya:
  1. Telentanglah di atas air.
  2. Wajah menatap langit, agar hidung dan mulut bisa bernapas dengan tenang.
  3. Rentangkan tangan dan kaki dengan nyaman.
  4. Jangan lepas sepatu, karena sepatu justru membantu Anda mengapung.
  5. Kalau Anda menemukan botol atau jeriken kosong, dekaplah di atas dada untuk “meringankan” bobot tubuh.
  6. Diam dan tunggu bantuan.
Agar lebih jelas, perhatikan video uitemate berikut ini:


Mungkin muncul pertanyaan, “Bagaimana kalau bantuan tidak kunjung datang?” Atau, “Bagaimana kalau ada ombak, badai, ikan hiu, dan sebagainya?”

Ini pertanyaan sulit. Saya kira, uitemate hanya berfungsi untuk menghemat tenaga kita. Bukan cara sakti untuk mengatasi segala kendala itu. Setidaknya, dengan hematnya energi yang kita keluarkan untuk sekadar mengambang, kemungkinan survive kita lebih tinggi. Selebihnya, hanya Tuhan yang bisa menolong kita.

Semoga artikel ini membantu Anda.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.