Ada Kids Center di Acer Liquid Z320

Friday, January 15, 2016

Ada Kids Center di Acer Liquid Z320


Penampakan Acer Liquid Z320
- Oleh Brahmanto Anindito

Acer baru saja merilis ponsel pintar terbarunya, Acer Liquid Z320. Ponsel ini rupanya tidak spesifik menyasar segmen tertentu. Untuk bapak-bapak oke, ibu-ibu cocok, remaja keren, anak-anak pun tidak masalah. Bahkan sangat dianjurkan. Sebab, Acer Liquid Z320 memiliki fitur Kids Center yang terinstal dari sononya.

Bagaimana kualitas Acer Liquid Z320 ini? Saya tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi pada ponsel ini. Tapi, sejauh ini, baik-baik saja. Saya percaya pada merek Acer.

Perjumpaan pertama saya dengan merek ini bukan langsung dengan ponsel Acer Liquid Z320. Tapi dengan laptop Aspire 4741. Laptop berprosesor Intel Core i3 itu sudah sekitar enam tahun masih awet, tak pernah sekali pun singgah di bengkel servis. Praktis, saya belum pernah menggunakan kartu garansinya.

Belakangan, saya tahu Acer merupakan merek laptop nomor satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Menariknya, yang memberi tahu fakta tersebut justru orang marketing dari perusahaan kompetitor Acer. Dari sana, saya semakin yakin, merek Acer adalah jaminan mutu.

Makanya, saya tak sedikit pun ragu ketika perusahaan multinasional asal Taiwan ini mulai merambah pasar komputer tablet dan ponsel pintar. Termasuk smartphone Acer Liquid Z320 ini.

Spesifikasi Acer Liquid Z320

  • Layar: 4,5 inch FWVGA
  • Tipe Layar: IPS LCD Capacitive layar sentuh
  • Resolusi Layar: 480 x 854 pixel
  • Kedalaman Warna: 16M colors
  • Operating System: Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Tipe Prosesor: Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • Kecepatan Prosesor: Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7, GPU Adreno 304
  • Memori: 8 GB storage dan 1 GB RAM
  • Slot Memori Eksternal: MicroSD
  • Kamera: Primer 5 MP (2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash) dan Sekunder 2 MP
  • Jaringan: 2G (bands: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2) dan 3G (HSDPA)
  • Kecepatan Data: HSPA 42.2/5.76 Mbps
  • Koneksi Nirkabel: Wifi dan Bluetooh 4.0
  • Kartu SIM: Dual SIM
  • Baterai: Li-Ion 2.000 mAh
  • GPS: aGPS
  • Colokan: microUSB v2.0 dan 3,5 mm jack
  • Berat 142 gram dengan baterai
  • Dimensi 136 x 66.5 x 9.6 mm
  • Harga Acer Liquid Z320: 1 jutaan.
Terus terang saja, spec Acer Liquid Z320 di atas memang bukanlah yang terhebat atau terbaru. Namun dengan harga satu jutaan, fitur-fitur Acer Liquid Z320 ini sudah tergolong murah. Apalagi mereknya global, bukan lokal. Maka jangan khawatir dengan kualitas produk, suku cadang, serta layanan purnajualnya.

Review Acer Liquid Z320

Sebagai penulis, saya mendapat banyak ilmu dari Android dan ponsel pintar. Sebagai contoh, saat meriset cerita untuk novel-novel thriller saya. Saya biasa memainkan game-game simulasi yang relevan dengan cerita. Misalnya bagaimana sebuah kereta api dijalankan (melalui game Train Driver 15), bagaimana penggunaan pistol dan senapan (melalui game Weaphones), dll.

Saya juga terbiasa menonton YouTube via ponsel untuk menemukan ilmu dan wawasan. Kegiatan menggali informasi lewat ponsel ini selain cepat juga menyenangkan. Apalagi bila ponselnya mendukung, seperti Acer Liquid Z320.

Teknologi DTS Studio Sound dalam Acer Liquid Z320 niscaya membuat suara yang keluar dari earphone maupun speaker terdengar bening, sehingga terasa riil suara tembakannya, gerbong keretanya, klaksonnya, dan lainnya. Menikmati game-game lain dan YouTube pun pasti lebih mantap.

Mata juga terlindungi oleh teknologi BluelightShield-nya. Fitur unik Acer Liquid Z320 ini berguna untuk mengurangi paparan emisi cahaya biru dari layar ponsel yang biasanya melelahkan mata. Berjam-jam mencari informasi dan ilmu di internet pun takkan terlalu masalah.

Bagaimanapun, saya kira, kalau saya bisa mendapat banyak ilmu dari ponsel pintar, begitu pula seharusnya anak saya yang berumur tiga tahun. Hanya, kita perlu mencarikan aplikasi yang sesuai dengan usianya.

Tahukah Anda, sejak usia dua tahun, anak saya sudah bisa membedakan mana ponsel betulan dan mana yang hanya mainan. Namanya manusia, meskipun balita, pemikirannya pasti berkembang. Umur setahun, dia masih terlihat menikmati ponsel palsunya. Namun menginjak usia dua tahun, dia sudah merasa aneh mengetahui ponselnya tidak bisa menyala sebagaimana milik orangtuanya.

Dia pun jadi sering “menjajah” ponsel bundanya untuk bermain game Golf Tour. Umur segitu, dia sudah hapal letak game-nya. “Itu, itu, itu!” teriaknya histeris tiap kali bundanya sengaja melewatkan ikon game favoritnya di menu. Lama-lama, dia tahu juga, bagaimana menghidupkan ponsel sendiri, membuka menu, memilih game, sampai memainkannya. Meskipun, tentu saja mainnya ngawur, karena dia tak paham aturan bermain golf.

Saya tidak tahu harus bangga atau justru khawatir. Segera terbayang, bagaimana selepas masa balitanya. Dia pasti sudah piawai mengutak-atik ponsel pintar kami. Sebagai orangtua baru, tentu saya tidak tenang memiliki anak yang terlanjur akrab dengan teknologi ponsel begini.

Teknologi dan internet ibarat hutan belantara bagi tumbuh kembang anak. Memang ada pemandangan indah, buah-buahan yang enak, dan air yang menyegarkan di sana. Namun, di hutan itu juga banyak sekali binatang buasnya: konten kekerasan, pornografi, perusak akhlak, penyimpangan-penyimpangan.

Ponsel pintar adalah pintu menuju belantara tersebut. Jadi, apakah kita akan memberikan pintu itu ke si buah hati?

Entahlah. Bingung juga!

Tapi, Acer Liquid Z320 ternyata mempunyai jalan tengah untuk dilema ini. Solusi tersebut bernama Kids Center. Aplikasi yang telah terinstal by default ini sangat membantu orangtua yang kebingungan sepeti saya.

Ya, saya bilang “membantu”, bukan “mengatasi”. Karena tetap saja, orangtuanya yang harus mengatasi problem ini. Orangtua tetap harus mendampingi dan berkomunikasi agar si buah hati tidak keasyikan sendiri dalam canggihnya teknologi.

Fitur Kids Center di Acer Liquid Z320

Sederhananya, Kids Center seperti kids corner di mal-mal atau hotel-hotel. Anak-anak bisa kita titipkan. Normalnya, mereka akan terhibur di sana. Karena tempat itu memang dirancang untuk mereka.

Fitur Kids Center dalam Acer Liquid Z320

Demikian pula Kids Center dalam ponsel Acer Liquid Z320. Begitu anak kita masuk ke “ekosistem” tersebut, dia hanya bisa mengakses hal-hal yang ada di dalam sana. Dunia penuh warna-warni. Ikon-ikon dan tulisannya lebih besar, lucu-lucu, khas anak-anak di bawah 12 tahun.

Kamera tetap berfungsi sebagaimana biasa. Si kecil mau memfoto lingkungan sekitarnya, bisa. Memfoto diri sendiri alias selfie, bisa. Hasil jepretan-jepretannya nanti terpisah dari folder foto orangtuanya. Jadi, jangan khawatir bercampur baur. Sekali lagi, Kids Center adalah ekosistem yang terpisah dan berbeda dari sistem utama Acer Liquid Z320.

Acer juga sudah menyiapkan aplikasi-aplikasi edukasi, kreativitas, permainan, dan video. Kita (orangtua) sewaktu-waktu bisa mengunduhkan aplikasi atau video tambahan. Kids Center dapat merekomendasikan aplikasi, game, dan channel video YouTube yang aman buat anak. YouTube di sini bukan YouTube.com biasa, melainkan sudah diprogram ulang agar video dewasa (sekalipun hanya screenshot-nya) tidak sampai “bocor” dan dilihat si anak.

Search dalam Kids Center pun tersaring, sehingga konten dewasa akan terblokir. Aturlah itu dalam opsi Safe Zone atau Extra Safe Zone. Caranya gampang. Jika Anda sudah terbiasa memakai Android, pasti tak perlu waktu lama untuk mempelajari pengaturan dalam Kids Center Acer Liquid Z320 ini.

Games yang baik akan berdampak baik pula bagi perkembangan otak anak. Dia akan mendapat pengetahuan baru, belajar berstrategi, bekerjasama, berhitung, bernyanyi, dan sebagainya. Saraf motorik dan insting seninya juga akan terlatih, misalnya melalui aplikasi mewarnai seperti Coloring Pages.

Hanya, pastikan si buah hati tidak terlalu larut. Bermain di lapangan, bersosialisasi dengan teman secara fisik, dan bersenda gurau dengan orang-orang rumah tetap jauh lebih penting. Biasakan, anak hanya bermain Acer Liquid Z320 paling lama 1-2 jam setiap harinya. Kalau untuk usia anak saya, saya batasi setengah jam saja, malah.

Enaknya, fitur Kids Center bisa melakukan pembatasan-pembatasan itu dengan mudah. Tinggal atur Time Limit, seperti di warnet. Maka setelah waktu habis, ponsel akan terkunci. Anda juga bisa membatasi anak untuk mengakses situs web yang belum jelas keamanannya, termasuk iklan, pembaruan aplikasi, pengunduhan, dan lain-lain.

Aman, pokoknya! Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan sistem Parental Control ini. Fitur Kids Center dalam Acer Liquid Z320 benar-benar membuat anak puas bersenang-senang. Kita selaku orangtua pun bisa tenang. Satu masalah saya sebagai orangtua pun terpecahkan.

- Foto-foto dipinjam dari AcerID.com

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.