Apa yang Seharusnya Kita Minum Sebelum Siaran?

Thursday, February 4, 2016

Apa yang Seharusnya Kita Minum Sebelum Siaran?


- Oleh Alva Altera

Saya pernah menjadi penyiar, setidaknya, selama tiga tahun. Selama bersiaran profesional itu, saya sering mencatat hal-hal yang mungkin terlihat remeh. Tapi, sangat penting bagi diri saya sendiri sebagai penyiar baru. Bagi Anda yang juga mulai merintis karier sebagai penyiar, beberapa tips ini mungkin berguna.

Pertama, jangan meminum minuman yang mengandung gula saat akan on air. Gula akan membuat produksi air liur Anda bertambah. Akibatnya, suara yang keluar akan terdenger becek dan terkadang terpotong, karena keduluan menelan air liur.

Kopi juga tidak dianjurkan diminum sebelumm bicara atau siaran. Sebab, kandungan zatnya bisa membuat rongga mulut cepat kering. Di samping itu, kopi pun dapat membuat detak jantung meningkat. Ini tidak baik untuk siaran, kecuali jam terbang Anda sudah tinggi sekali.

Percayalah, saat siaran, detak jantung Anda harusnya bisa setenang mungkin, supaya suara Anda tidak terengah-engah. Suara memburu seperti itu tidak akan enak di telinga pendengar.

Lalu, apa yang boleh diminum?

Lebih baik, sebelum siaran, minumlah air putih biasa. Kalau bisa yang hangat. Air putih murni bisa menyuplai oksigen yang lebih banyak ke otak, sehingga penyiar mampu berpikir jernih dan tenang.

Teh hangat sebetulnya juga baik, asalkan tanpa gula. Teh terkadang bisa membuat suara terdengar kesat dan enak.

Cobalah kiat sederhana ini untuk suara yang lebih maksimal. Selamat mengudara!

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.