5 Fakta tentang Dunia Pengelolaan Fanpage

Wednesday, June 22, 2016

5 Fakta tentang Dunia Pengelolaan Fanpage


5 Fakta tentang Dunia Pengelolaan Fanpage
- Oleh Alva Altera

Mari kita sejenak bicara mengenai fanpage Facebook. Kelima fakta ini hanya berdasarkan pengalaman kami, bukan dari hasil survei. Jadi, santai saja. Sekadar buat pengetahuan saja.

(1) Profil Admin Fanpage

Sebagian besar admin fanpage Facebook adalah anak SMP hingga SMA. Kebanyakan dari mereka adalah laki-laki. Mereka sudah tahu bagaimana ber-Facebook, termasuk membaca statistiknya, tinggal diajari cara mencari konten dan memviralkannya. Ya, metode copy-paste sering digunakan di sini.

(2) Senjata Admin Fanpage

Seringnya, para admin mengelola fanpage melalui ponsel. Mungkin karena media ini lebih irit kuota internet dibandingkan bila bermedia sosial melalui komputer atau laptop.

(3) Jenis dan Harga Fanpage

Fanpage yang biasa diperjualbelikan bertema islami, klub bola, tokoh, humor, dan kata-kata mutiara. Harga pasaran fanpage dengan 100.000 likes adalah satu hingga tiga juta rupiah. Sedangkan untuk kisaran 1 juta likes, pasarannya 40 jutaan. Tapi hati-hati, jual-beli fanpage rawan penipuan. Maka, disarankan untuk menggunakan rekening bersama (rekber).

(4) Metode Pembayaran di Fanpage

Rekber bukan metode yang lazim, sayangnya. Biasanya, pembayaran dilakukan dengan transfer pulsa. Pulsa jadi mata uang selain karena praktis, nama pemilik rekening bank tidak terekspos, juga mudah didistribusikan lagi ke nomor-nomor SIM yang lain. Dan di atas semua itu, pulsa dapat dipakai langsung untuk membeli paket data. Semua admin butuh paket data, bukan?

(5) Keuntungan Komersial Fanpage

Fanpage bisa disewakan dengan metode salprom untuk mempromosikan fanpage lain, blog, produk, dan sebagainya. Fanpage juga bisa dijual keseluruhannya. Tahukah Anda, KapanLagi Network rajin berburu fanpage-fanpage besar yang aktif untuk mengantarkan trafik ke situs-situs web mereka. Harganya pun menjanjikan.

Demikian fakta-fakta kecil seputar pengelolaan fanpage. Selamat datang di dunia digital, di mana mencari uang seperti ini tak pernah kita bayangkan sebelumnya.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.