Seberapa Kuat Militer Indonesia (dibanding Australia)?

Thursday, March 5, 2015

Seberapa Kuat Militer Indonesia (dibanding Australia)?


Militer Indonesia melawan Australia, menang siapa?
Militer Indonesia melawan Australia, menang siapa?
- Oleh Alva Altera

Beberapa hari ini, hubungan Indonesia dan Australia memanas. Permasalahannya adalah Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, warga Australia, sedang menghitung hari untuk dieksekusi di Nusakambangan. PM Australi murka, demikian pula (sebagian) masyarakat Australia. Di Twitter, ramai sekali perang tweets. Beberapa bahkan memutusi, “Perang sajalah! Perang betulan!”

Ow, berani sekali? Seandainya perang antara Indonesia dan Australia benar-benar terjadi, kira-kira siapa yang menang? Entahlah. Yang jelas, kita menang jumlah penduduk (sistem pertahanan semesta). Sehingga, kekuatan militer Australia masih berada satu strip di bawah kita. Perhatikan infografik ini.


Kekuatan militer Indonesia masuk di urutan 19. Membanggakan, bukan? Tapi kalau tidak salah, pada periode 1980-an, kita pernah duduk di Top 5 Militer Terkuat di Dunia. Kenapa sekarang melorot? Bahkan kita kalah dengan Pakistan.

Saya tidak tahu. Yang pasti, perang senjata dengan Australia bukan solusi. Pasti dua-duanya hancur. Apalagi infografik di atas tidak mempertimbangkan faktor “teman”. Siapa teman Australia? Siapa teman Indonesia? Sejarah membuktikan, teman-teman ini sering membantu dan terjun ke lapangan tempur juga untuk membantu sang Teman. Dan kalau itu terjadi, dunia akan semakin suram dan muram. Semoga tidak terjadi.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.