Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seberapa Kuat Militer Indonesia (dibanding Australia)?

Seberapa Kuat Militer Indonesia (dibanding Australia)?

Beberapa hari ini, hubungan Indonesia dan Australia memanas. Permasalahannya adalah Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, warga Australia, sedang menghitung hari untuk dieksekusi di Nusakambangan. PM Australi murka, demikian pula (sebagian) masyarakat Australia. Di Twitter, ramai sekali perang tweets. Beberapa bahkan memutusi, "Perang sajalah! Perang betulan!"

Seandainya perang antara Indonesia dan Australia benar-benar terjadi, kira-kira siapa yang menang?

Yang jelas, kita menang jumlah penduduk (sistem pertahanan semesta). Sehingga, kekuatan militer Australia masih berada satu strip di bawah kita. Perhatikan infografik ini:


Kekuatan militer Indonesia masuk di urutan 19. Membanggakan, bukan? Namun, pada periode 1980-an, kita pernah duduk di Top 5 Militer Terkuat di Dunia. Mengapa sekarang melorot? Bahkan kita kalah dengan Pakistan.

Entahlah. Yang pasti, perang senjata dengan Australia bukan solusi. Pasti dua-duanya akan hancur. Apalagi infografik di atas tidak mempertimbangkan faktor "teman". Siapa teman Australia? Siapa teman Indonesia? Sejarah membuktikan, teman-teman ini sering membantu dan terjun ke lapangan tempur juga untuk membantu. Seandainya itu terjadi, dunia akan semakin suram dan muram. Semoga tidak terjadi.

- Tulisan: Alva Altera

Post a Comment for "Seberapa Kuat Militer Indonesia (dibanding Australia)?"