5 Pertanyaan Dasar tentang SEO

Thursday, November 27, 2014

5 Pertanyaan Dasar tentang SEO


Pengetahuan dasar SEO
- Oleh Alva Altera

Ini adalah salah satu istilah yang sering dibahas di kalangan webmaster (pembuat atau pemelihara web). Secara sederhana, SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik-teknik alami, tanpa iklan, untuk menaikkan peringkat web Anda sehingga bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian search engines (seperti Google atau Bing).

Tentu saja, teknik itu hanya dikhususkan untuk kata kunci (keywords) tertentu, seperti "jual susu anak murah" atau “lowongan kerja di pengeboran minyak”. Tidak bisa setiap kata kunci selalu peringkat atas.

1. Mengapa web saya perlu di-SEO-kan?

Saat ini, ada lebih dari satu milyar web. Jadi persaingan untuk nongol di peringkat atas hasil pencarian search engines untuk kata kunci tertentu itu umumnya ketat sekali. SEO memungkinkan web kita memenangkan persaingan itu. SEO itu gratis, jadi apa salahnya?

2. Dengan SEO, perlu berapa lama web saya bisa muncul di halaman pertama Google?

Tidak bisa ditentukan secara pasti, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi pemeringkatan sebuah web di halaman hasil pencarian Google. Tidak ada satu pun konsultan SEO yang dapat menentukan dengan akurat kapan web Anda akan muncul di halaman pertama Google.

3. Kalau tidak bisa dipastikan, kenapa repot-repot melakukan SEO?

Logika gampangannya, web yang di-SEO-kan saja tidak dipastikan rangkingnya, apalagi web yang tanpa SEO! Beberapa percobaan sederhana selalu membuktikan, web yang ter-SEO dengan baik cenderung berada di peringkat yang lebih baik dibandingkan dengan web "polosan".

4. Katakanlah web saya muncul di Top 10 Google untuk kata kunci tertentu, apakah itu berlaku selamanya?

Tidak juga. Tapi, web yang sudah meraih posisi idamannya tinggal terus melakukan pemeliharaan agar bisa menjadi "juara bertahan" di posisi itu. Semua ini ada tekniknya. Itulah peranan SEO. Meskipun bukan sesuatu yang eksak seperti 1 + 1 pasti 2, terlihat sekali bahwa SEO itu berguna, baik untuk memperbaiki atau mempertahankan peringkat.

5. Apa saja teknik SEO itu?

Intinya dua: On Page dan Off Page. Untuk On Page, Anda harus membenahi titel tulisan, mengisi terus dengan tulisan-tulisan yang bermutu, mendatangkan pengunjung, dan sebagainya. Sementara teknik Off Page mengharuskan Anda mempromosikan alamat web Anda, membuat link sebanyak-banyaknya dari web luar yang menuju web Anda, membuat review, mendaftarkan web Anda ke direktori-direktori, dan semacamnya.

Tentu, ilmu SEO terus berkembang kompleks. Namun, pengetahuan dasarnya kurang-lebih seperti itu.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.