9 Cara Cepat dan Alami Menambah Follower Twitter

Tuesday, May 31, 2016

9 Cara Cepat dan Alami Menambah Follower Twitter


9 Cara Cepat dan Alami Menambah Follower Twitter
- Oleh Alva Altera

Saat ini, brand-brand modern yang bersentuhan langsung dengan publik memiliki satu kesamaan: mempunyai akun media sosial. Entah itu Facebook, Google+, Youtube, Instagram, Twitter, atau lainnya. Salah satu media sosial yang dinilai kuat (bahkan terbukti mampu meruntuhkan sebuah rezim) adalah Twitter.

Dengan maksimal 140 karakter di setiap cuitannya, Twitter terasa ringan, cepat, dan to the point dalam menyampaikan informasi. Anda yang memiliki bisnis, terutama yang B2C (usaha retail), jangan sampai ketinggalan. Buatlah akun Twitter untuk mendekatkan brand kepada konsumen.

Tapi problemnya biasanya adalah, bagaimana mendapat pengikut di Twitter dalam waktu relatif cepat? Bagi pemula, jumlah pengikut Twitter yang segitu-segitu saja memang memfrustrasikan.

Jika Anda termasuk pengelola akun Twitter yang sudah frustrasi itu, ada baiknya Anda menyimak dan mempraktikkan sembilan cara cepat dan alami menambah follower Twitter ini.
  1. Isi Bio dengan benar dan selengkap-lengkapnya. Termasuk foto profilnya. Bio sedikit pengaruhnya terhadap penambahan jumlah pengikut. Namun semakin lengkap dan jelas bio Anda, semakin orang akan mempercayai dan menghargai brand Anda.
  2. Mencuitlah secara rutin, dan sesekali unggah foto atau video. Cuitan Anda hendaknya: relevan (berhubungan dengan brand), positif (hindari menjelek-jelekkan orang lain sekalipun itu kompetitor), shareable (membuat orang ingin menyebarkannya), informatif (berguna), inspiratif (membuat orang lebih bersemangat), dan/atau unik (membuat orang tersenyum, tertawa, atau sekadar berdecak heran).
  3. Jangan ragu merogoh kocek untuk beriklan. Baik secara daring (Google Adwords, Twitter Ads, Facebook Ads, atau iklan di blog yang berkualitas) dan luring (berupa brosur, stiker, gantungan kunci, dsb.). Tujuannya selain untuk mengajak mereka segera follow (jangka pendek), juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan akun Twitter Anda.
  4. Follow akun-akun yang relevan. Meskipun jika Anda tidak mengenal mereka. Statistik membuktikan, satu dari sembilan akun Twitter yang Anda ikuti juga akan mengikuti Anda. Lumayan, kan? Sekalipun Anda tidak di-follow back pada akhirnya, Anda tetap akan dapat informasi dan ilmu dari akun-akun itu. Kompetitor tidak mem-follow balik? Andalah yang “untung”. Karena Anda bisa tahu tiap gerak-gerik dan taktik marketing dia, sementara dia tidak tahu apa taktik marketing Anda (karena tidak mem-follow Anda).
  5. Jaga wibawa. Jangan mengikuti terlalu banyak akun, misalnya sampai 1.000 akun dalam sehari. Selain tidak berwibawa, cara ini akan dianggap spam oleh Twitter. Selain itu, pastikan jumlah followers Anda lebih banyak dari following. Gunakan peranti lunak semacam Who.unfollowed.me untuk mendeteksi tweeps (Twitter people alias pengguna Twitter) yang tidak mem-follow balik Anda dalam 1-2 minggu. Bila akun-akun itu terbukti tidak relevan atau cuitan-cuitannya negatif, langsung unfollow saja akun-akun seperti ini.
  6. Ajak teman-teman untuk follow. Selama cuitan-cuitan Anda bermutu, jangan ragu mengajak tweeps yang Anda kenal untuk menjadi pengikut. Ajak juga mereka untuk menjawab, me-mention, mengirimkan materi, menyukai, dan/atau me-RT cuitan/foto/video Anda.
  7. Beri insentif. Misalnya, bagikan kupon diskon secara rutin, adakan lomba berhadiah yang salah satu syaratnya adalah follow Twitter Anda. Insentif yang lebih sederhana bisa juga berupa pemberitahuan, “Siapapun yang follow akun Twitter ini akan kami follow balik!”
  8. Promosikanlah akun Twitter Anda setiap ada kesempatan. Misalnya, saat Anda berkenalan dengan orang, berbicara di depan publik, di bagian signature surel, komentar forum-forum daring, atau surel. Anda sering menulis buku? Menjadi pembicara seminar atau perkuliahan? Jangan lupa untuk membubuhkan alamat Twitter Anda di buku dan materi presentasi Anda.
  9. Hindari membeli follower atau cara-cara instan lainnya. Karena cara ini hanya akan menghasilkan pengikut zombie, ditandai dengan minimnya engangement (reply, like, retweet, atau mention) dan mereka juga takkan membeli apa-apa dari Anda. Jangan tergiur penambahan jumlah pengikut yang luar biasa dalam waktu singkat. Followers semacam itu hanya akan menumpulkan kecemerlangan akun Twitter Anda.
Demikianlah 9 Cara Cepat dan Alami Menambah Follower Twitter. Metode ini alami, jadi kecil sekali kemungkinannya Anda akan terkena blokir ketika menerapkannya, baik oleh Twitter maupun pengguna-pengguna lain.

Dan menariknya, kesembilan cara ampuh di atas juga dapat diterapkan untuk media sosial yang lain. Karena prinsipnya kurang-lebih sama saja. Selamat mencoba!

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.