Aw, Snap! Masalah Setelah Aplikasi Chrome Diperbarui

Aw, Snap! Masalah Setelah Aplikasi Chrome Diperbarui

Rajin memperbarui aplikasi Android ternyata tidak bagus juga. Sebab, terkadang pembaruan itu bukan versi yang stabil dan belum diuji coba ke semua jenis ponsel. Contohnya, pembaruan aplikasi peramban (browser) Google Chrome hari ini, 21 Mei 2020, dan mungkin juga akan berulang ke depannya.

Beberapa pengguna ponsel mengalami gangguan setelah aplikasi Chrome mereka diperbarui. Perambannya sendiri jadi tidak bisa diakses, hanya menyisakan tulisan peringatan:
Aw, Snap! Something went wrong while displaying this webpage. If you're seeing this frequently, try these suggestions.
Di bawah peringatan tersebut, terdapat tombol Reload. Namun, berapa kali pun tombol itu ditekan, atau saran-saran dalam Suggestions-nya dijalankan, Chrome tetap tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Yang lebih parah, ternyata update ke Chrome versi 83.0.4103.60 ini merembet ke aplikasi-aplikasi lainnya, terutama yang berkaitan dengan produk Google. Apalagi bila ponsel pintar Anda ASUS Zenfone seri Max Pro. 

Bagaimana solusinya? Ada tiga skenario cara mengatasinya: 

Pertama, bila Anda belum memperbarui ke Chrome versi 83.0.4103.60, sebaiknya jangan di-update dulu sampai muncul versi yang lebih baru. 

Kedua, bila Anda sudah kadung memperbaruinya, pakailah peramban lain (misalnya Firefox, Opera, UC Browser, atau DuckDuckGo), sampai muncul pembaruan Chome App yang lebih mutakhir. 

Ketiga, bila Anda terlanjur memperbarui dan tidak mau menggunakan peramban lain, atau tidak sabar karena aplikasi-aplikasi lain juga ternyata tidak bisa dibuka akibat Chrome yang tidak beres ini, maka batalkan. Lakukan downgrade

Cara membatalkan pembaruan yang terlanjur dilakukan?
  1. Pergilah ke Setting atau Pengaturan
  2. Pilih Apps atau Aplikasi
  3. Ketuk Chrome
  4. Ketuk tombol Disable. Langkah ini akan meng-uninstall pembaruan aplikasi Chrome dan kembali ke pengaturan awal (factory version) Jangan khawatir, yang di-uninstall adalah pembaruannya, bukan aplikasinya.
  5. Ketuk tombol Enable.
Selanjutnya, cobalah buka kembali aplikasi Google Chrome Anda. Juga, aplikasi-aplikasi lain yang tadinya ikut tidak bisa dibuka. Seharusnya, semua sudah normal kembali. 

Biarkan Chrome tersebut tetap dalam versi lawasnya, jangan diperbarui. Bersabarlah menunggu datangnya Chrome yang lebih baru dari versi 83.0.4103.60 nanti.

Semoga trik ini membantu. 

Comments