Manusia Kepala, Dada atau Perut?

Sunday, August 31, 2014

Manusia Kepala, Dada atau Perut?


Anda manusia Kepala, Dada atau Perut?
Anda manusia Kepala, Dada atau Perut?
- Oleh Alva Altera

Konon, ada tiga jenis manusia di dunia ini. Yang pertama, manusia perut. Sesuai namanya, manusia perut hanya mementingkan nafsu perutnya, termasuk organ-organ lain di sekitar perut. Mereka hanya peduli pada makanan, minuman, dan seks. Di luar urusan itu, mereka tidak akan menganggapnya penting.

Yang kedua, manusia dada. Mereka ini levelnya lebih tinggi. Orang-orang yang dikategorikan manusia dada dalam hidupnya banyak menggunakan hati, perasaan, idealisme, dan keberanian. Mereka yang bergabung dengan ISIS dan berangkat ke Suriah mungkin termasuk manusia tipe kedua ini.

Dan yang terakhir adalah manusia kepala. Mereka adalah jenis manusia yang selalu berpikir sebelum, ketika dan setelah bertindak. Bukannya “kebanyakan mikir”. Orang dikatakan “kebanyakan mikir”, bukan karena dia selalu menggunakan otaknya alias berpikir, melainkan karena berpikirnya kurang cepat (sehingga kelambanan itu mungkin menjengkelkan orang lain).

Termasuk manusia jenis manakah kita? Perhatikan saja, apakah sehari-hari kita hanya mengejar kepentingan perut dan memburu materi demi kepuasan diri?

Ambil contoh kasus. Kalau Anda, tidak ada angin tidak ada hujan, diberi orang duit 100.000 secara cuma-cuma, sementara perut Anda (dan keluarga Anda) sudah penuh, hendak Anda pakai apa uang ini? Beli makanan atau minuman yang lebih enak? Sumbangkan ke teman baik? Beli buku? Terserah.

Lalu apakah kita setiap hari bangun tidur, pergi ke kantor, mengerjakan tugas-tugas, pulang, tidur, lalu berulang lagi, sambil berharap segera tiba tanggal muda supaya bisa menerima gaji? Atau… ada waktu yang kita sisihkan untuk merenung, mengevaluasi dan merancang rencana secara kongkrit?

Jika semua itu bisa dijawab dengan jujur, Anda pun bisa mengira-ngira, termasuk manusia tipe apa Anda. Tentu saja, pada akhirnya kita semua adalah manusia kepala, dada dan perut sekaligus. Kita semua butuh pemenuhan di wilayah-wilayah tersebut! Namun, selalu ada kecenderungan untuk lebih mengutamakan kebutuhan wilayah tertentu, bukan? Nah, yang manakah itu kalau Anda?

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.