Kenapa Bisnis Anda Harus Memanfaatkan Social Media

Thursday, November 13, 2014

Kenapa Bisnis Anda Harus Memanfaatkan Social Media


Social media bisa menunjang penjualan bisnis Anda
- Oleh Ino Permana

Anda harus tahu, saat Anda membaca tulisan ini, bisa saja ada orang yang sedang membicarakan produk Anda. Di rumah, di sekolah, di kantor, di social media, di telepon, atau dimanapun. Persoalannya, apakah mereka sedang membicarakan hal-hal positifnya? Kalau iya, bagus! Tapi kalau justru negatifnya, wah, itu jelas menyedihkan!


Tapi tunggu dulu, tahukah Anda apa yang lebih menyedihkan dari dibicarakan hal-hal negatif kita? Tidak dibicarakan sama sekali! Ya, ketika tidak ada atau sedikit orang yang membicarakan produk Anda, itulah momen yang paling menggalaukan dari seorang pemilik brand. Karena itu artinya produk atau bisnis kita tidak dikomunikasikan dengan baik ke publik.

Padahal, Anda sebenarnya bisa membuat orang-orang mengetahui produk Anda dengan cara yang murah. Bahkan menjadikan mereka sebagai tenaga marketing gratisan bagi bisnis Anda. Caranya? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan social media atau jejaring sosial: Facebook, Twitter, Google+, Youtube, dan lain-lain.

Konsumen dan calon konsumen Anda ada di social media

Mereka mengintip-intip, bermain bersama teman-temannya, atau menikmati informasi-informasi di rerimbunan belantara status social media. “Negara” ini dapat Anda manfaatkan sebagai target pemasaran.

Orang-orang di sana punya kebutuhan yang sama, yaitu didengarkan masalah-masalah atau rencana-rencana besarnya.

Tidak ada lagi orang yang peduli akan iklan, doktrin tentang kelebihan produk Anda atau brand Anda. Mereka tidak memiliki cukup waktu untuk semua itu, kalau Anda tidak menjadi teman dan mendengarkan mereka dulu.

Maka bercakap-cakaplah bersama mereka! Pada akhirnya, mereka akan mendengarkan rekomendasi dari orang yang mereka percaya. Dan bila Anda sukses menempatkan diri sebagai kawan mereka, cepat atau lambat, mereka akan mendengarkan rekomendasi-rekomendasi Anda pula.

Survei… membuktikan!

Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset social media yang berpusat di Paris, ternyata Indonesia merupakan pengguna Twitter terbesar kelima di dunia dengan jumlah akun lebih dari 19.500.000!

Soal kicauan, Indonesia merupakan negara yang mencuit ketiga terbanyak di dunia, yaitu sekitar 12% dari total cuitan (tweets) di dunia. Posisi pertama dipegang oleh Amerika Serikat sebesar 27% dan disusul Brazil dengan angka 24%. Di lingkup Asia, pengguna Twitter di Indonesia menyumbangkan 54,6% dari total cuitan.

Untuk Facebook? Pada 2012, Socialbaker.com merilis pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia yang luar biasa. Indonesia disebut-sebut sebagai negara pengakses Facebook kedua terbesar di dunia dengan 42.654.140 pengguna. Jauh di atas Inggris Raya.

Demikian juga dengan pertumbuhan pengguna social media berbasis lokasi Swarm (dulunya Foursquare). Indonesia adalah negara yang paling banyak memiliki venues dan punya jumlah pengguna terbanyak di Asia Pasifik.

Fakta-fakta mencengangkan lainnya juga Anda temukan di statistik situs-situs seperti Blogger, Wordpress, Youtube, dan sebagainya.

Lalu, apa gunanya semua “prestasi” itu? Ya tinggal bagaimana kreativitas kita memanfaatkannya! Contoh kreativitas marketing itu seperti ini….

  • Adrie Subono berhasil menjual habis 5.000 tiket Bruno Mars seharga 500-600 ribu dalam 7 jam, tanpa calo. Penjualannya hanya melalui Twitter.
  • Tiket Maroon 5 yang akan mengadakan show pada April 2011 telah habis terjual pada September 2010. Lagi-lagi, hanya dijual via Twitter.
  • Keripik Maicih menjual keripik pedas di mobil yang berpindah-pindah. Tapi mereka selalu memberi tahu mereka dimana lokasi “gentayangan” mereka selanjutnya melalui Twitter. Hasilnya? Penjualannya sukses luar biasa!

Sayangnya, entah tidak tahu atau tidak mau tahu, banyak perusahaan besar yang belum menangkap peluang ini. Padahal, usaha-usaha kecil dan para profesional sudah mulai menikmati “kesetaraan” mereka dengan perusahaan dan brand besar.

Ya, perusahaan besar, kecil, perorangan, semua setara di social media. Bahkan perusahaan besar itu akan terlihat seperti perusahaan kecil yang tidak profesional bila gagal mengampu akun jejaring sosialnya dengan serius dan tepat.

Potensi jejaring sosial untuk bisnis Anda

Percakapan sedang terjadi di media sosial, dengan atau tanpa keterlibatan Anda. Kini, pilihan ada di tangan Anda. Mau memanfaatkan? Atau membiarkan kompetitor yang memanfaatkan? Ingat, social media itu…

  1. Membuat usaha kecil terlihat besar dan usaha besar terlihat merakyat (akrab dengan konsumennya).
  2. Menekan biaya untuk memasarkan dagangan Anda.
  3. Menghubungkan Anda langsung dengan konsumen secara gratis dan demokratis.
  4. Membantu Anda membangun jaringan bisnis baru dan memperkuat yang sudah ada.
  5. Pertumbuhannya yang sangat cepat. Ini adalah lahan yang basah!

Memang, sudah terlalu banyak persaingan di media sosial. Mungkin para pesaing Anda juga sudah menggunakannya dari dulu. Sulit untuk dikejar. Ya, sulit. Tapi bukan berarti mustahil, bukan?

Ada banyak trik social media untuk mengejar ketertinggalan Anda. Lagipula, Anda selalu bisa menyerahkan tugas ini kepada ahlinya.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.