Mengadakan Pertemuan dengan Diri Sendiri

Thursday, December 25, 2014

Mengadakan Pertemuan dengan Diri Sendiri


Bicara dengan diri sendiri itu penting
- Oleh Win Andriyani

Rasanya, ini perlu kita jadikan resolusi 2015. Sepanjang tahun, kita terus meeting atasan, rapat dengan bawahan, mengadakan pertemuan dengan klien, pelanggan, supplier, atau teman. Pernahkah kita mengadakan pertemuan serius dengan diri sendiri? Misalnya, kita membuat janji bertemu selama 1-2 jam, seminggu sekali, untuk duduk “semeja” dan berdiskusi dengan diri sendiri.

Apa isi pembicaraannya? Tidak jauh-jauh dari evaluasi dan perencanaan. Di sana, tanyakan apa yang telah Anda capai dalam sepekan ini? Apa yang sudah tepat? Apa yang masih terasa salah? Apa hambatan-hambatannya? Mengapa Anda berhasil di satu kerjaan dan gagal di kerjaan yang lain?

Berusahalah untuk menjawabnya sedetail mungkin. Jika memungkinkan, berdebatlah. Belah diri Anda menjadi dua. Satu pro (memberikan penjelasan), dan satu kontra (bawaannya mengkritisi).

Tanyakan pula apa yang selama seminggu ini membuat Anda lebih dekat kepada kesuksesan? Atau justru, Anda berjalan mundur? Atau berjalan, bahkan berlari, ke arah yang berlawanan? Lalu diskusikanlah.

Apa Anda sebenarnya bisa berbuat lebih demi hasil yang lebih optimal? Misalnya dengan lebih rajin, lebih lama bekerja, lebih berani mengambil keputusan, lebih mau menurunkan gengsi dengan melayani bawahan, atasan atau pelanggan kita? Lalu jelaskan.

Tutuplah meeting dengan diri sendiri ini dengan rencana lima hal yang akan Anda lakukan minggu depan. Dan lakukan!

Apa sih pentingnya hal semacam ini?

Bayangkan, dengan mengadakan pertemuan rutin dengan bawahan saja kita bisa mengenal kelebihan dan kekurangan bawahan-bawahan kita, bukan? Juga, mengenal karakter dan kecenderungan mereka. Maka, meeting dengan diri sendiri ini pun demikian. Harapannya, kita bisa lebih mengenal kekuatan dan kelemahan kita.

Kapan waktu yang tepat untuk mengadakan pertemuan ini? Masing-masing tentu punya preferensinya. Tapi beberapa pakar mengatakan, sebaiknya lakukanlah tiap akhir pekan pada pagi buta. Karena di luar itu, biasanya kita sibuk bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Nah, selamat mencoba. Dan selamat menyambut tahun baru dengan penuh semangat!

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.