5 Batu Perhiasan yang Paling Tenar di Indonesia

Monday, January 26, 2015

5 Batu Perhiasan yang Paling Tenar di Indonesia


Batu kalimaya
- Oleh Arta Nusakristupa

Berbahagialah kita yang terlahir di Indonesia dengan kekayaan alam yang berlimpah ruah. Keindahan bebatuannya yang terbentuk secara alami pun tak pernah berhenti membuat kita takjub. Orang-orang kreatif pun memanfaatkan batuan ini sebagai penghias diri, juga sebagai investasi.

Tahukah Anda, batu-batu perhiasan ini sedang menjadi tren di Indonesia. Saat ini, ada setidaknya ada lima jenis batu mulia yang paling sering diburu kolektor. Harganya bisa lima sampai lima puluh juta rupiah! Apa saja batu-batu itu?

Batu Bacan

Tidak seperti namanya, batu ini ternyata bukan berasal dari Pulau Bacan, Maluku. Melainkan dari tetangganya, yakni Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Keunikan batu bacan sudah tersohor hingga mancanegara sejak abad pertengahan. Corak batu mulia ini bisa berubah-ubah secara alami, membuat batu ini seolah-olah hidup dan aktif.

Batu Kalimaya atau Opal

Batu ini merupakan batu permata yang lunak. Opal dapat memancarkan cahaya berlian yang indah. Kebanyakan batu ini ditambang di India, Mesir, Australia, dan Meksiko. Khusus di Indonesia, kita menemukannya di Banten.

Batu Idokras

Batu jenis ini banyak berwarna hijau lumut. Namun baru-baru ini ditemukan yang warnanya menyerupai warna solar, yaitu cokelat kekuning-kuningan. Batu idokras banyak ditemukan di Sumatra Barat dan Aceh.

Batu Kalsedon

Batu ini memiliki berbagai variasi warna, mulai dari merah, kuning, biru, jingga, hingga hijau. Corak batu kalsedon ini seperti kabut atau cahaya yang kusam. Di Indonesia, batu kalsedon banyak ditemukan di Jawa Barat, Jawa Timur (tepatnya di Pacitan), dan Sulawesi Tenggara.

Batu Akik Bergambar

Batu akik biasa sudah jamak. Bagaimana kalau ada gambar alami yang terlukis di sana? Ini yang luar biasa. Contoh gambarnya seperti ayam, tokoh masyarakat, atau pemandangan. Semakin unik gambar dalam batu akik ini, harganya semakin melambung. Sejauh ini, batu akik bergambar ditemukan di Pacitan, Garut, dan Nusa Kambangan.

Sebenarnya, masih banyak batu-batu indah lainnya dari Indonesia yang bisa dijadikan perhiasan atau koleksi pajangan. Hati-hati juga, sebab ada juga yang harganya mahal bukan karena kualitas atau kelangkaannya, melainkan karena sedang tren semata.

Jangan sampai Anda kecele seperti dalam tren tanaman gelombang cinta beberapa tahun yang lalu. Jangan pula percaya tahayul-tahayul soal batu tertentu. Mau jadi kolektor? Mau berinvestasi di bidang batu-batuan yang menakjubkan ini? Jadilah kolektor dan investor yang cerdas.

1 comment :

  1. Info menarik dan bermanfaat. Jika kamu tertarik untuk mengetahui Model PerhiasanTerbaru, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan. Dan jika kamu ingin membuat kalung nama, silakan kamu KLIK DISINI>>Kalung Nama

    ReplyDelete

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.