Menduplikasi PIN BB dan Minta Transfer lewat BBM

Monday, November 23, 2015

Menduplikasi PIN BB dan Minta Transfer lewat BBM


- Oleh De San

Sekitar pukul 10.30, saya menerima BBM dari anak perempuan saya. Dia mulai chatting BBM dengan memanggil "Pah". Itu jelas-jelas BBM dari anak saya, karena tercantum nama dan foto anak saya. Apalagi, masih ada sisa percakapan lama kami. Khawatir ada hal yang memang penting, ditambah ruang kebaktian menggunakan jammer untuk mematikan sinyal ponsel, saya pun keluar dari ruang tersebut. Saya tanyai dia, “Ada apa?”

Anak saya bertanya, apa saya menggunakan m-banking BCA? Karena dia mau minta tolong untuk transfer atau bayar ke seseorang. Saya katakan, tidak ada m-banking. Kalau mau menunggu, nanti Papa transfer dari rumah, karena sekarang tidak membawa keyBCA.

Chatting kami selesai pukul 10.53 dengan salam penutup "Happy Sunday" darinya.

Tapi sekitar pukul 11.35, dia kontak lagi dan bertanya, apa ibadah sudah selesai. Saat itu, saya memang baru selesai. Dan anak saya bertanya, apa bisa ditransfer lewat ATM saja, karena mendesak.

Mendesak seperti apa?

Saya coba menelepon anak saya, tapi gagal. Akhirnya, saya penuhi permintaan untuk mentransfer 8,7 juta ke rekening seseorang. Saya BBM lagi untuk menginfokan bahwa transfer sudah berhasil. Dia minta bukti transfer difoto dan dikirimkan.

Mulai timbul keraguan. Saya mau cek, apa ini benar dari anak saya. Saya tanya, “Bagaimana keadaan Oma?”

Dia jawab, “Oma baek2.”

Kaget saya membaca jawaban itu. Karena Oma sudah meninggal!

Sadarlah saya kalau ini penipuan. Saya akhirnya bisa menghubungi anak saya, dan dia memastikan bahwa dia tidak pernah memminta transfer.

Ternyata dari pagi, anak saya tidak bisa buka email. Rupanya, email sudah diretas orang lain. Tidak berhenti di sana, penipu itu bisa menduplikasi PIN BB anak saya, lalu mengirimkan BBM ke banyak pihak.

Maka, berhati-hatilah kalau ada permintaan transfer semacam ini. Pastikan, entah bagaimana caranya, Anda mengonfirmasi permintaan itu benar-benar dari orang yang kita kenal. Sejak kasus ini, sekalipun BBM-nya sama, tetap perlu dikonfirmasi lewat media lain. Misalnya, dengan menelepon atau langsung menemuinya.

Sebarkanlah informasi ini, agar semakin sedikit orang yang tertipu dengan modus yang lumayan canggih ini.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.