5 Software PC Gratis Terbaik untuk Penulis Multimedia

5 Software PC Gratis Terbaik untuk Penulis Multimedia

Adagium "kalau mau dapat barang berkualitas, harus bayar dengan harga yang pantas" sudah kurang relevan. Meskipun adagium itu masih berlaku, tetapi saat ini pilihan produk mewah dengan harga murah, bahkan gratis, betebaran di sekitar kita. Peranti lunak (software)yang kita gunakan sehari-hari untuk kerja, misalnya.

Jika Anda penulis, apa peranti lunak yang Anda pakai saat ini? Terutama yang untuk PC, komputer, laptop, alias desktop. Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Microsoft Excel, Adobe Photoshop, Adobe Premier? Bagus! Semua itu standar industri kreatif, minimal di bidang penulisan multimedia.

Eh, sebentar. Itu bukan peranti lunak bajakan, bukan?

Semoga peranti lunak yang kita gunakan semua asli alias original. Semoga kita tidak pernah mengambil hak kreator lain, dalam hal ini pencipta peranti lunak yang kita manfaatkan sehari-hari itu. Karena kalau kita tidak mau diambil haknya, seharusnya kita juga tidak pernah mengambil hak orang lain. Sepakat dengan prinsip ini, bukan?

Maka pilihannya: belilah peranti lunak secara legal, atau jangan gunakan sama sekali. Toh, banyak juga peranti lunak gratis dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Apa saja itu? Terkhusus penulis multimedia, berikut ini lima rekomendasi untuk Anda:

1. Kebutuhan Office: LibreOffice

Banyak orang menggunakan Microsoft Office, kenapa tidak LibreOffice? Penampakan dan pengoperasiannya hampir sama. Fungsinya pun sama. Di MS Office ada Word untuk menulis, sementara di LibreOffice ada Writer. Di MS Office ada Excel untuk membuat catatan keuangan atau tabel-tabel, di LibreOffice ada Calc. Kalau PowerPoint ada MS Offoce, di LibreOffice ada Impress.

Jangan khawatir, arsip-arsip berekstensi .DOC, XLS, atau PPT yang dibuat di MS Office dapat dibuka dan diedit di LibreOffice. LibreOffice pun dapat membuat arsip-arsip yang umum, sehingga bisa dibaca di program mana saja, termasuk MS Office. Tertarik? Silakan unduh di www.libreoffice.org.

2. Kebutuhan Pemrograman: BlueFish Editor

Peranti lunak apa yang Anda gunakan untuk mengedit arsip-arsip .html, .php, atau membangun situs web atau blog? Umumnya, kita menggunakan Notepad++ atau Adobe Dreamweaver. Mungkin juga program yang lain.

Namun, untuk yang open source, silakan jajal BlueFish Editor. Lumayan ringan dan andal. Ingin mencobanya? Langsung saja ke www.bluefish.openoffice.nl.

3. Kebutuhan Edit Gambar/Foto: GIMP

Buat edit gambar? Pasti banyak yang memfavoritkan Adobe Photoshop. Namun, ada alternatif yang tidak kalah bagus: GIMP Image Editor. Arsip .PSD dari Photoshop bisa dibuka dan diedit di GIMP, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan arsip Photoshop lama. Meskipun, terus terang, layer-layer-nya akan meleset sedikit. Tetapi rasanya itu bukan masalah besar.

Mau mencoba GIMP? Silakan kunjungi www.gimp.org.

4. Kebutuhan Edit Suara: Audacity

Peranti lunak apa yang andal dipakai untuk mengedit audio atau suara? Satu yang terbaik dan gratis adalah Audacity. Untuk mengunduh programnya dan tutorialnya, cari tahu di www.audacityteam.org.

5. Kebutuhan Edit Video: ShotCut

Buat edit audiovisual? Pilihan yang populer adalah Adobe Premier. Tetapi pilihan yang gratis adalah ShotCut. Sebenarnya OpenShot juga bagus, tetapi berat dan "memakan" memori, terutama ketika me-render arsip audiovisual berkualitas h264. Jadi, rekomendasi lebih condong ke ShotCut yang enteng, baik dalam operasional editing maupun rendering.

Silakan buktikan sendiri untuk menghasilkan arsip .MP4, .AVI, .MPEG, .MOV, atau lainnya. Unduh peranti lunak ini di www.shotcut.org.



Kelima peranti lunak di atas andal, bahkan untuk kebutuhan profesional penulis multimedia. Sekali diunduh dan diinstal di laptop, sudah bisa dijalankan, tanpa perlu internet. Jadi praktis dan tidak memboroskan kuota. Dan yang terpenting, gratis tetapi legal. Tidak perlu mencuri hak dari kreator lain.

- Tulisan: Brahmanto Anindito

Comments