Sentra UKM MERR, Pusat Belanja Oleh-oleh Khas Surabaya

Saturday, April 23, 2016

Sentra UKM MERR, Pusat Belanja Oleh-oleh Khas Surabaya


Sentra UKM MERR Surabaya
- Oleh Brahmanto Anindito

Sejak Sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) Middle East Ring Road (MERR) diresmikan oleh Wali Kota Tri Rismaharini pada 16 Desember 2014, para wisatawan tak perlu bingung lagi mencari oleh-oleh asli Kota Surabaya. Cukup di sini, di Sentra UKM MERR Surabaya.

Lokasi Sentra UKM MERR cukup strategis, yakni di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno No.11, Surabaya. Ini tidak jauh dari Pantai Kenjeran dan Jembatan Suramadu. Dengan Bandara Juanda pun jaraknya tidak sampai 16 kilometer.

Gedungnya sendiri lumayan besar. Sentra UKM MERR berada di bangunan minimalis berlantai empat. Cukup luas. Tempat parkirnya saja mampu menampung rombongan mobil, bahkan bus pariwisata.

Penasaran apa saja isi Sentra UKM MERR? Mari kita kunjungi lantai per lantai.
  1. Kerajinan + Lobi/kasir. Di lantai dasar ini, Anda bisa menemukan berbagai produk kerajinan. Salah satunya kerajinan rotan yang dibentuk menjadi tudung saji, piring, wadah buah, sandal, keranjang, kap lampu, dll. Ada juga kerajinan dari biji-bijian, daun-daun kering, dan kerang yang dibentuk menjadi tempat tisu, bros, asbak, kalung, cincin.
  2. Fashion. Mau belanja fashion? Naiklah ke lantai dua. Anda akan menemukan sepatu kulit, dompet kulit, kain batik jumput, batik tulis, tas batik, dompet batik, busana muslim, kalung, gelang dari manik-manik, miniatur hewan-hewan yang terbuat dari kaca, dll.
  3. Makanan-minuman. Nikmatilah makanan dan minuman asli buatan para pelaku UKM Surabaya (dan sekitarnya), seperti sinom, jamu-jamu, rempeyek jangkrik, udang, dan kacang. Ada juga berbagai jenis sambal, kerupuk ikan tenggiri, rengginang lorjuk, abon, dll. Jangan lupa, kue lapis Surabaya, puding, brownies, es krim, yoghurt, dsb.
  4. Ruang pertemuan. Lantai teratas ini mampu menampung setidaknya 30 orang. Jika ada pertemuan dengan para pelaku UKM binaan, tamu yang ingin berdiskusi tentang dunia UKM, seminar, workshop, atau rapat para staf internal Sentra UKM MERR, ruangan inilah tempatnya.
Itulah kurang-lebih isi Sentra UKM MERR Surabaya dari hasil pantauan kami.

Oh ya, pertanyaan penting, bagaimana harga barang-barang di sini? Dari bandrol-bandrol yang tertera, rasanya tidak semurah bila Anda langsung membelinya dari tempat UKM yang bersangkutan. Tapi, mengunjungi Sentra UKM MERR jelas jauh lebih praktis daripada Anda harus berkeliling ke UKM satu per satu hanya demi cari oleh-oleh.

- Foto dipinjam dari sini.

0 comments :

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tetapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu menuliskannya secara profesional. Kami juga menyediakan jasa editing tulisan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.